Istilah-istilah Dalam Madzahib Al-Tafsir

Pada awal-awal perkembangan ilmu tafsir, hanya dikenal dua pengkategorian tafsir: tafsir bi al-ma’tsûr (riwâyah, manqûl) dan tafsir bi al-ra’y (dirâyah, ma‘qûl). Yang terakhir kerap dibagi lagi menjadi dua: yang mamdûhah dan yang madzmûmah. Akan tetapi, pada perkembangan berikutnya, pengkategorian ini dirasa tak lagi memadai. Pasalnya, pada taraf berikutnya lebih banyak muncul karya-karya tafsir yang memadukan dua metode tersebut dan nyaris tak dijumpai lagi karya-karya tafsir yang berdasar riwayat semata atau ra’y murni.

Pada sisi lain, makin banyaknya aliran-aliran kalam, juga makin bercabang-cabangnya ilmu-ilmu keislaman, menyebabkan munculnya beragam tafsir yang memiliki corak, karakteristik, dan warna yang berbeda-beda. Situasi demikian menuntut pengkategorian yang lebih memadai untuk kitab-kitab tafsir.
Pengkategorian kitab-kitab tafsir, pada masa-masa mutakhir, telah ditinjau dalam beraneka sudut. Adanya beberapa pengkategorian menuntut pembedaan batasan istilah-istilah teknis dalam ilmu tafsir. Nah, berikut merupakan paparan beberapa istilah (manhaj, tharîqah, ittijâh, dan lawn) yang acap dipakai dalam proses memilah-milah kitab tafsir.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Nahwu Seri 3

Belajar Jawahirul Maknun- Tentang Fashohah,Tanafur,Ta'qid

Surah at Takatsur 102