Pengalaman Nikah Mas Kawin 100 Ribu Tunai

Delapan tahun lalu, saya menikah dengan pria berumur 23 th yang 6 bulan lebih muda dari saya. Pria itu jauh dari kata mapan, mas kawin pun hanya 100 ribu rupiah. Bukan karena dia tidak mampu untuk memberi lebih , tapi emang saya yang  memintanya.

Saat booming mas kawin dengan angka cantik, yang ketepatan nikah 1 februari 2009 nominal mas kawinya 1.022.009 itu lagi jadi tren di indonesia pada waktu itu.  Saya cuma mikir, kasian alm.bapak kalo harus ngucapin nominal mas kawin yang ribet saat ijab Kabul. Dan saya juga tidak mau memberatkan calon suami untuk memenuhi permintaan yang macem-macem. 

Bukan kah rukun nikah itu hanya ada lima :
1. Pengantin lelaki (Suami)
2. Pengantin perempuan (Isteri)
3. Wali
4. Dua orang saksi lelaki
5. Ijab dan kabul (akad nikah)

Tidak perlu ditambah embel-embel, nominal mas kawin sekian juta, perhiasan emas sekian gram, resepsi di gedung, atau sederet syarat-syatat lain nya. Setelah menikah pun saya tinggal di kontrakan 2 petak, cukup besar buat saya tinggal berdoa dengan suami. Tidur pun hanya beralas kasur lipat tipis, karena belum mempunyai spring bed. Hal itu gak jadi masalah karena namanya cinta itu tidak harus mewah.

Lucu aja kalo ada yang bilang hari gini jangan mau nikah karena cinta, perut lapar gak bisa kenyang karena makan cinta. Beneran bikin saya ketawa, karena sampai  detik ini, kalau saat lagi makan sepiring berdua sama suami, rasanya malah lebih kenyang dari pada makan sendiri (ciyuuus, ga boong). Kalau menurut saya sih nikah itu enak  susah dirasakan bareng-bareng,  ketika di kasih kesenangan sama Allah pasti gak akan melupakan  saat berjuang dititik terbawah.

Hidup pas-pasan bukan berarti susah juga.  Pas tidak ada makanan, ketepatan tetangga ketok pintu kasih makanan. Giliran saat dompet  tipis,  ketepatan dapet arisan. Pas gak punya duit, tidak sengaja nyetrika ada duit nyelip di kantong. Ini semua bukan kebetulan, tapi emang udah diatur sama Allah. Hidup sederhana dan selalu bersyukur itu wajib buat kami, mewah itu gimana sudut pandang aja. Mewah buat saya, buat mereka mungkin biasa banget.

Untuk teman-teman yang sudah menemukan tambatan hati, segeralah menikah. Buat yang laki-laki gak perlu nunggu mapan, cukup tunjukan kalo kamu lelaki gagah yang penuh tanggung jawab. Rejeki ALLAH yang ngatur. Buat yang perempuan, jangan terlalu banyak syarat ini dan itu. Kalo calon kamu udah mapan ya Alhamdulillah. Kalau belum mapan, Insya Allah menikah bisa jadi jalan buat hidup lebih baik. 

Tulisan ini murni Motivasi dan Pengalaman nyata Yang Dialami Seorang Ibu rumah tangga Bernama Nita Junita. 
Editor : B. d

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Nahwu Seri 3

Belajar Jawahirul Maknun- Tentang Fashohah,Tanafur,Ta'qid

Surah at Takatsur 102