Cara Duduk AL Habib Umar Bin Hafidz Adalah Cara Duduk Hamba Sahaya

Sekilas jika kita amati ilustrasi nyata diatas, cara duduk Habib Umar bin Hafidz di hadapan Habib Salim Asy-Syatri  seakan memberikan kesan kurang sopan. Apalagi jika hanya menganggap duduk Tawarruk atau Iftiros adalah cara duduk yang paling sopan. Memang dari satu sisi, bisa dibilang begitu, duduk dengan cara Tawarruk dan Iftiros itu dipilih karena memang terdapat di dalam Shalat.

Tetapi cara duduk Habib Umar seperti didalam foto adalah cara duduk para Hamba Sahaya (budak)  dalam tradisi dan perilaku orang Arab. Sehingga dengan cara seperti itu, seandainya si budak mendapat perintah dari Sayyidnya, Dia akan segera bangkit dan berdiri memenuhi tugas dari Tuannya.

Walhasil, cara duduk Habib Umar dihadapan Habib Salim ini justru menunjukkan begitu dalamnya ketawadhu'an beliau, seakan menempatkan diri beliau yang agung itu, hanyalah "Hamba Sahaya'' dihadapan seseorang didepannya.

Jika diperintahkan Qif (duduklah) , ya Qif, Jika diperintahkan Qum (berdirilah ), ya Qum. Subhanallah, Sungguh inilah adab dan akhlak yang mulia Guru besar Al Habib Umar bin Hafidz.

Allahumma Shalli 'Alaa Sayyidina Muhammad Wa 'Alaa Aali Sayyidina Muhammad.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Nahwu Seri 3

Belajar Jawahirul Maknun- Tentang Fashohah,Tanafur,Ta'qid

Surah at Takatsur 102