Syeikh Muhammad Arsyad Al banjaria bag 1


Syeikh Muhammad Arsyad al-Banjari (W. 1227 H) salah satu ulama besar dari Nusantara yang sangat berjasa dan berpengaruh. Beliau lahir tanggal 13 Shafar tahun 1122 H/1710 M. Dilahirkan di kampong Luk Gabang Kecamatan Astambul Kabupatem Banjar Kalimantan selatan. Beliau memiliki banyak Guru dan karya beliau terdiri dari 9 kitab. KH. Sirojuddin Abbas memasukkan beliau dalam buku “Thabaqatus Syafiiyyah” Ulama-ulama SyafiI dan kitab-kitabnya dari abad ke abad. Dan banyak yang telah menulis Tarjamah beliau.

Muhammad Arsyad al-Banjari dilahirkan pada hari Kamis, 25 Syafar 1122H bertepatan dengan tanggal 19 Maret 1710M. Ayahnya bernama Abdullah bin Abu Bakar bin Abdurrasyid (Abdul Harits) bin Abdullah. Ibunya bernama Aminah. Keluarga tersebut tinggal di Kampung Lok Gabang, sekarang termasuk wilayah Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, dekat dengan Kota Martapura, Kalimantan Selatan.
Pada masa itu, raja yang memerintah Kerajaan Banjar adalah Sultan Hamidullah atau Sultan Tahmidullah bin Sultan Tahlilullah. Muhammad Arsyad kecil bernama Jafar. Saudara-saudaranya, Abidin, Zainal Abidin, Nurmein dan Nurul Amin. Selagi Syeikh Muhammad Arsyad berada di dalam rahim ibunya, pada malam bulan Ramadhanm ibu beliau berserta suaminya mendapatkan malam penuh berkah, Lailatul Qadar.Syeikh Muhammad Arsyad al-Banjari wafat hari Selasa, 6 Syawal 1227H bertepatan dengan tanggal 13 Oktober 1812M. Dimakamkan di Desa Kalampayan, tidak jauh dari makam orang tuanya.

Pendidikan Sejak kecil, Muhammad Arsyad mendapat pendidikan langsung dari orang tuanya. Ketika beliau berumur 7 tahun, Raja Banjar yang memerintah waktu itu, Sultan Hamidullah atau Sultan Tahlilullah sangat tertarik melihat kelebihan Muhammad Arsyad. Baginda meminta kepada kedua orang tua Muhammad Arsyad agar mengizinkan anaknya dipelihara serta dididik di lingkungan Istana Berajaan Banjar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Nahwu Seri 3

Belajar Jawahirul Maknun- Tentang Fashohah,Tanafur,Ta'qid

Surah at Takatsur 102